Wednesday, May 11, 2016

Pengertian Dan Sejarah Edmodo

PENGERTIAN EDMODO DAN FUNGSI 

           Edmodo merupakan salah satu dari beberapa jenis Social Learning Networks (SLNs) yang dipakai dengan orang-orang www atau world wide web.

Berikut ini beberapa contoh SLN :
a). Einztein (www.einztein.com) merupakan SLN yg ditujukan bagi pembelajar dewasa (pendidikan tinggi) & pembelajar seumur hidup.

b). Sophia (www.sophia.org) merupakan SLN yg sediakan ribuan arahan akademik yg diajarkan oleh guru dgn beragam model instruksional, serta bisa diikuti oleh pembelajar dgn bermacam macam model belajar.

c). RemixLearning (www.remixlearning.com) yg pun didukung oleh The Bill dan Melinda Gates Foundation menyediakan suatu SLN yg bisa diatur sesuai selera oleh sekolah, perpustakaan, museum, & institusi lainnya yg membutuhkan.

d). Schoology (www.schoology.com) yaitu LMS yg di lengkapi dengan SLNs.

Fungsi Edmodo

        Edmodo merupakan satu buah alat untuk melakukan pembelajaran dengan cara daring. Edmodo menggabungkan sebahagian fitur Dari Learning Management System (LMS) dan sebagian fitur lainnya dari Jejaring Sosial (Social Network). Dengan demikian, Edmodo merupakan suatu fasilitas pembelajaran yg menarik dan tentunya mudah untuk digunakan. Selanjutnya Edmodo lebih dikenal dgn Jejaring Sosial Pembelajaran (Social Learning Networks).

Sejarah Edmodo

        Edmodo diciptakan oleh Jeff O’Hara & Nic Borg pada th 2008. Jeff O’Hara merupakan seorang administrator jaringan bagi Community Unit School District200 di Wheator, Illnois, sedangkan Nic merupakan pengembang web bagi Kaneland Community Unit School District 302 di Maple Park, Illinois, USA.

Edmodo Framework

          Edmodo dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip pengelolaan kelas berbasis grup & media sosial. Feature penting dari Edmodo ialah dukungan aktif terhadap model komunikasi dari fasilitas sosial daring, yang ditambahi dgn fitur bahan ajar daring (online learning material) dan evaluasi daring (online evaluation).

         Beberapa feature penting Edmodo yg dapat dipakai dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut:

a). Kelas maya dgn sistem closed grup collaboration; cuma mereka yg mempunyai kode kelompok
     yg mampu mengikuti kelas. baca juga pengertian kelas maya
b). Komunikasi menggunakan model media sosial.
c). Manajemen konten pembelajaran.
d). Evaluasi pembelajaran.
           Tidak hanya memiliki fitur di atas, Edmodo juga mensupport team teaching, co-teacher, dan teacher collaboration serta akses bagi orang tua Anda utk mengawasi aktivitas pembelajaran Anda ikuti.

Terima kasih udah berkunjung di website kami.
#myomis




No comments:

Post a Comment